Rabu, 11 Maret 2009

Macam- Macam Metode Khitan

Alhamdulillah, begitu besar apresiasi dari masyarakat, terutama di Pekanbaru, akan hadirnya Rumah Khitan dan teknik terkini khitan Smartklamp yang kami perkenalkan. Semoga kita bisa terus berkembang dan melayani dengan lebih baik.
Dari berbagai kegiatan, sering Rumah Khitan mendapat pertanyaan mengenai khitan, baik tentang metode khitan saat ini, manfaat, serta metode terbaik yang harus dipilih. Untuk menjawabnya, kami ketengahkan sedikit mengenai metode- metode khitan yang ada saat ini. Mengenai pilihan terbaik, semua relatif tergantung individu masing- masing.

Macam- Macam Metode Khitan:

1. Konvensional
Metode ini adalah metode yang masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Pemotongan kulit kulup dilakukan secara manual dengan menggunakan gunting dan dibantu klem. Biasanya banyak sekali terjadi perdarahan, sehingga memakan waktu yang cukup lama yaitu hingga 30 - 45 menit. Dengan memilih metode ini maka kulit harus dijahit dan diperban. Pasien tidak diperkenankan banyak bergerak sekurang-kurangnya hingga 4 hari serta perban agar dijaga untuk senantiasa tetap bersih dan kering. Namun jika perawatan luka pasca khitan baik, penyembuhan dengan metode ini relatif cepat.

3. Electric Cauter
Metode ini merupakan semacam pembakaran pada kawat tipis melalui rangkaian arus listrik. Alatnya berbentuk seperti pistol dengan dua buah lempeng kawat di ujungnya yang saling berhubungan. Jika dialiri listrik, ujung logam akan panas dan memerah. Elemen yang memerah tersebut digunakan untuk memotong kulup. Proses relatif cepat dan perdarahan minimal. Biasanya dengan metode ini kulit tetap harus dijahit guna menghindari pendarahan. Metode ini sering pula dikenal dengan sebutan metode laser di masyarakat. Sebenarnya ini merupakan penamaan yang tidak begitu tepat, karena metode laser sendiri menggunakan alat khusus yang memang mengunakan cahaya laser.

3. Flash cutter
Alat ini hampir sama dengan Electric Cauter, namun tidak mempergunakan listrik. Pisau sangat tajam sehingga menjamin luka lurus, steril tanpa luka bakar dan pendarahan. Kecepatannya mampu memotong prepusium (kulit kulup) cukup 2-5 detik saja. Pada umumnya khitan dengan Flash Cutter penyembuhannya akan lebih cepat. Flash Cutter bertenaga baterai rechargeable, jika tegangan sudah habis baterai tidak perlu diganti, cukup di charging sudah cukup untuk menghitan 100 kali bahkan lebih. Pada khitan diluar klinik, seperti panggilan, dokter tidak harus mambawa kabel atau mencari jalur listrik, karena Flash Cutter sudah di-charging sebelum dibawa. Untuk mengkhitan 100 anak anda cukup membawa 1 alat saja. Flash Cutter dikemas dalam tas laptop yang memang dirancang untuk para dokter agar lebih elegan. Namun demikian biasanya dengan metode ini kulit tetap harus dijahit guna menghindari pendarahan.

4. Laser
Metode ini hampir sama dengan Electric Cauter, hanya saja alat pemotong preputium memang menggunakan sinar Laser. Biasanya alat yang digunakan adalah jenis Sharplan Suretouch CO2 Laser. Dengan menggunakan metode ini proses relatif cepat dan perdarahan minimal. Biasanya dengan metode ini kulit tetap harus dijahit guna menghindari pendarahan Namun pengunaan alat ini tidak begitu popular di kalangan praktisi khitan ,kecuali di rumah sakit besar. Hal ini dipengaruhi oleh harga alat yang begitu mahal, kira-kira seharga 60 jt-an. Bisa dibayangkan berapa biaya khitan yang harus di bayarkan jika menggunakan alat ini.

5. Klamp
a.Gomco
Klamp dibuat pertama kali pada tahun 1934 oleh Hiram S. Yellen, M.D. dan Aaron Goldstein. Alat ini terdiri dari bel logam dan plat datar dengan lubang di dalamnya untuk menempatkan keduanya dalam posisi yang sesuai. Terdapat sebuah sekrup berbentuk lingkaran yang berfungsi memberikan tekanan

b. Q-Tan
Alat ini menyerupai Ismail Clamp hanya saja sistem sekrupnya terkunci mati (irreversible locking system) sehingga alat ini tidak mungkin di daur ulang kembali karena pembukaan alat ini harus dengan dipotong. Alat ini belum diproduksi secara massal dan masih merupakan prototype. Saat ini masih diadakan riset yang mendalam sehingga alat ini layak untuk digunakan secara luas.

c. Ismail Clamp
Ismail Klamp ditemukan oleh Dr Ismail Md Salleh. Alat ini sebenarnya hampir menyerupai alat klem lainnya, hanya saja alat ini memiliki mekanisme penguncian dengan sistem sekrup, sehingga pemasangan dam pelepasan alat ini sangat mudah tanpa harus merusak alat ini. Saat ini baru tersedia 2 ukuran untuk anak-anak

d. Sunathrone Clamp
Sunathrone adalah metode sunat yang ditemukan oleh Dr Mohammad Tasron Surat, dokter kelahiran Malaysia yang memiliki keilmuan dan wawasan yang tinggi. Keistimewaan Sunathrone ini adalah karena praktis dan proses penyembuhannya lebih cepat. Alat khitan sekali pakai ini akan tertanggal sendiri, serta tidak memerlukan perawatan khusus. Setelah khitan dapat langsung memakai celana dan beraktifitas tanpa rasa sakit.

e. Ali's Clamp
Alat ini mirip dengan Smart Klamp, hanya saja tabung klem-nya didesain miring dengan pertimbangan agar mengikuti kontur glans penis

f. Tara's Clamp
Dr. T. Gurcharan Singh adalah penemu Taraklamp pada tahun 1990. Alat ini terbuat dari plastik dan untuk sekali pakai. Dapat digunakan untuk bayi hingga dewasa dengan berbagai ukuran.
Tara klamp memiliki 2 bagian yang menyatu yaitu tabung dan klem. Tabung berbentuk silinder yang mana berfungsi melindungi glans penis saat proses khitan. Terdapat 2 "sayap" yang berfungsi sebagai kunci klem.

g. Smartklamp
Smartklamp merupakan metode dan teknik sunatan terkini yang diperkenalkan sejak tahun 2001 di Dusseldorf- Jerman. Penemunya adalah dr. Harrie van Baars. Sejak diperkenalkan, alat ini melejit memasuki center- center pelayanan kesehatan di Eropa, Amerika, dan telah menyebar hampir ke seluruh dunia karena diterima dengan baik oleh kalangan medis. Smartklamp telah mendapat sertifikasi dari USFDA (United State of Food and Drug Association). Alat ini diproduksi di Belanda, namun saat ini telah dikembangkan dan diproduksi di Malaysia yang mendapat lisensi untuk distribusi di kawasan Asia Tenggara. Smart Klamp terbuat dari bahan plastik dengan cara kerja seperti klem tali pusar pada bayi yang baru lahir, terdiri dari 2 komponen pilihan dengan standar mutu Eropa , tabung plastic dari polycarbonate dan ring klem dar nylon. Tabung terdiri dari beberapa ukuran yang dapat digunakan dari usia bayi sampai usia dewasa. Smartklamp digunakan sekali pakai, dengan keunggulan lebih aman, praktis, cepat dan nyaman.
Keuntungan menggunakan alat ini diantaranya adalah : melindungi kepala penis saat disunat, perdarahan sedikit sehingga mengurangi risiko infeksi dan tidak memerlukan antibiotik, alat ini mudah digunakan, mencegah cedera pada saat proses sunatan, proses sunat cepat hanya 7 menit, dengan mekanisme penutupan "klik" maka tidak perlu lagi jahitan, hasil kosmetik yang lebih baik dan simetris, aman bagi pasien kencing manis, hemofilia, autis atau hiperaktif.
Setelah disunat, pasien dapat beraktifitas seperti biasa. Namun, tetap dianjurkan untuk tidak melakukan kegiatan yang berlebihan. Setelah 5 hari, alat dapat dilepas sendiri atau oleh dokter yang mengkhitan.

6 komentar:

  1. anak saya umur 11 thn. 45 kg,sdh konsultasi ke dokter untuk di khitan namun dokter tdk berani krn burungnya kecil, pada hal burung anak saya masih bisa di buka( pliwek : jawa )dokter menganjurkan ke dokter andropologi untuk pembesaran burungnya selama 6 bulan, apakah dengan cara khitan smart klemp bisa anak saya di khitan shg tidak perlu menunda tahun depan lagi

    BalasHapus
  2. insya Allah bisa, dengan smartklamp ukuran kecil pun bisa di khitan. Namun memang lebih baik jika memang penis anaknya kecil, atau istilah medisnya micropenis,sebaiknya ke androlog dulu untuk pembesaran sehingga hasilnya menjadi lebih baik
    -rumah khitan-

    BalasHapus
  3. Ada sumber yang dpt dipercaya,yaitu dgn konvesional modern,di hecting dulu baru di potong. Karena sdh dihecting lebih dulu yang jelas tdk akan terjadi pendarahan stlh dipotong. Yang canggihnya alat dan tekhnik hectingnya. woow keren..isu..atau berita beneran?moga2 berita beneran. Tunggu ya di pasaran.

    BalasHapus
  4. salam,

    Bapak-bapak dan ibu sekalian,
    Bisa saya dapatkan kos untuk khitan anak2 sekitar 12 tahun di sini ?

    BalasHapus
  5. Kira2 2 bulan yang lalu anak saya yang masih bayi, panas badannya dimalam hari, saat konsultasi ke dokter beberapa kali, dokter menyarankan agar di lakukan Khitan secepatnya karna ada penyempitan kulup kepala kemaluannya.. bila dibiarkan ditakutkan bahaya ke Ginjal.. dan saya pun melaksankan saran dokter tersebut. Setelah konsultasi sama dokter yang akan mengKhitan menyarankan dengan Metode Electric Cauter, karena cocok buat bayi. Sekarang anak saya sudah sembuh dari Khitan, Alhamdulilah badannya tidak panas. Sekarang timbul isu-isu dari tetangga, yang mengatakan Metode Electric Cauter sangat bahaya karena akan mematikan syaraf-syaraf kemaluan si kecil dan mereka mengatakan dampaknya akan terasa 15 tahun yang akan datang. isu ini juga di katakan salah satu dokter. yang jadi pertanyaan apakah benar apa yang saya dengar NEgatifnya dari metode Electric Cauter ini. saya tunggu jawabnnya. terima kasih...

    BalasHapus
  6. kalo saya sudah 22 tahun nih, tinggi 179cm, dan berat 77kg, kira kira saya pake sunat jenis yang mana ya ? trims

    BalasHapus

silahkan tinggalkan komentar anda